Thursday 1 September 2016

Doa Ketika Membeli Binatang & Berurusan dengan Manusia yang Tidak di kenali


Doa ini selalu saya baca mengambil berkat nasihat Rasulullah SAW bagi insan yang baru berkahwin, mendapat pembantu dan membeli unta. Saya selalu membaca ketika berurusan dengan pembantu baru, asnaf-asnaf yang baru saya kenali yang ingin bekerja di kebun atau di zawiya haji salleh. Memohon agar Allah SWT memudahkan setiap urusan saya dengan mereka dan saya tidak ditipu oleh mereka. Begitu juga doa ini saya baca ketika membeli binatang, menjual binatang dan menangkap binatang. Doa ini juga saya baca ketika merawat binatang2 di kebun yang sakit. Setakat ini alhamdulillah dimudahkan Allah SWT. Pertanian dan penternakan mengajar saya erti pergantungan diri kepada Allah SWT.


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا تَزَوَّجَ أَحَدُكُمْ امْرَأَةً أَوْ اشْتَرَى خَادِمًا فَلْيَقُلْ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَإِذَا اشْتَرَى بَعِيرًا فَلْيَأْخُذْ بِذِرْوَةِ سَنَامِهِ وَلْيَقُلْ مِثْلَ ذَلِكَ
Apabila seseorang di antara kamu menikah dengan seorang perempuan atau membeli pembantu, hendaklah mengucapkan:
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan perempuan atau pembantu ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya. Dan aku mohon perlindungan kepada-Mu dari kejelekan perempuan atau pembantu ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya.”
Demikian pula ketika membeli unta, maka peganglah puncak bonggol (dibelakang unta) dan ucapkanlah seperti itu.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, lihat Shahih Ibnu Majah 1/324)


No comments:

Post a Comment